Panduan Google Ad-Sense Untuk Pemula

23 September 2020
SEM / PPC
Seiring dengan perkembangan zaman yang membuat kita mau tidak mau bergantung pada teknologi digital, rupanya menghadirkan peluang untuk mencari peruntungan melalui Internet. Bergabung dengan Google AdSense saat ini sedang populer. Mungkin Anda seringkali menemukan istilah ini ketika sedang menonton Youtube atau tak sengaja berbincang dengan teman-teman Anda. Apa itu Google AdSense? Dan bagaimana mekanismenya? Tak perlu bingung, berikut ini adalah sekilas panduan tentang Google AdSense untuk pemula yang telah kami rangkum dari sumber terpercaya.  Pengertian Google AdSense  AdSense berasal dari kata Advertising yang berarti periklanan. Iklan yang terpasang berbasis CPC atau cost-per-clik dan merupakan sumber penghasilan dari pemilik website, itulah yang dinamakan adsense.  Tak heran jika para pelaku usaha berlomba-lomba mendaftarkan website mereka agar bisa menghasilkan keuntungan melalui adsense. Menurut data yang dilansir dari qwords.com, saat ini terdapat 2 juta orang lebih di dunia yang menjadi publisher Adsense. Cara Kerja Google AdSense Cara kerja dari Google AdSense ini adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan, sehingga iklan yang ditampilkan nantinya sesuai dengan selera target pasar Anda. Bentuknya berupa teks, video, dan gambar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini: 
  1. Sediakan Ruang Iklan Biasanya iklan diletakkan pada header, footer, sidebar dan artikel pada website. Pemasangannya tidak sulit. Anda cukup menempelkan kode iklan berupa script pada bagian yang diinginkan. Hingga akhirnya iklan akan muncul menyesuaikan selera audiens yang berkunjung ke website.
  2. Penawaran Dengan Harga Tertinggi Iklan yang ditawarkan dengan harga tertinggi, itulah iklan yang akan tampil di website Anda. Pada langkah ini, para pengiklan mulai melakukan penawaran harga untuk iklan tersebut.
  3. Iklan Dibayar Besarnya biaya per klik umumnya tergantung dari jenis produk dan persaingan bid antar pengiklan. Bayaran akan diperoleh dari iklan yang telah diklik oleh pengunjung website Anda.
Hal Yang Perlu Diperhatikan Pemula  Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua website bisa diterima oleh Google AdSense. Jadi, tidak heran jika ada saja penolakan akibat tidak memenuhi syarat. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar website Anda bisa diterima? Jangan khawatir, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pemula. 
  1. Hindari Klik Iklan Sendiri Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa cara kerja AdSense yaitu menampilkan iklan pada website. Pendapatan diperoleh dari jumlah klik iklan yang diperoleh. Sebaiknya hindari tindakan klik iklan sendiri atau memanipulasi dengan cara menyuruh orang lain untuk melakukannya. Hal tersebut akan mempengaruhi performa dari website Anda dan pastinya traffic yang dihasilkan tidak berkualitas.
  2. Publikasi Konten Anda bebas mempublikasi jenis konten apapun pada website. Tapi, perlu diingat bahwa Google Adsense memiliki aturan khusus bahwa tidak semua konten dapat dipublikasi. Diantaranya seperti konten yang mengandung unsur pornografi, kekerasan, dan SARA, tentunya dilarang tayang. Meskipun Anda berusaha berbuat curang dengan memasukan kode-kode tertentu, resiko akun di non-aktifkan bisa saja terjadi, berhati-hati lah.
  3. Format Iklan Jika Anda telah diterima sebagai publisher AdSense, hal selanjutnya yang harus dilakukan agar bisa menayangkan iklan di website adalah memasang kode iklan. Hindari memasang iklan pop-up karena dapat merugikan pengunjung maupun pengiklan.
  4. Akun AdSense Yang Di Non-Aktifkan Anda harus siap menerima resiko akun di non-aktifkan apabila tidak mengikuti pedoman AdSense yang telah disebutkan di atas. Pastikan Anda mematuhi semua peraturannya.
Setelah membaca pedoman mengenai Google AdSense, apakah Anda tertarik menjadi publisher iklan? Jika Anda ingin berkonsultasi atau memiliki pertanyaan seputar website dan Google AdSense, silakan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini. 
Other Articles
Social Media
25 September 2020
Menjadi influencer adalah profesi yang juga banyak dicari saat ini. Banyak orang membuat konten di media sosial dikarenakan influencer termasuk bisnis yang menjanjikan dan juga menguntungkan.
SEO News
21 September 2020
Di tengah maraknya berita tentang pandemi COVID-19 bukan berarti hal tersebut menghentikan langkah Anda untuk tetap membuat strategi pemasaran bisnis Anda.
Social Media
18 September 2020
Seperti yang dilansir dari We Are Social and Hootsuite bahwa di akhir Januari 2018 silam disebutkan jumlah pengguna akun sosial media saat ini mencapai 4 miliar. Maka dari itu, sebagai permulaan Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk Anda.